Pages

Senin, 04 Agustus 2014

Contoh Resensi Buku

Diposkan oleh Mauli di 07.12


ARTI SEBUAH DEMOKRASI DI INDONESIA

Judul Buku                  : Demokrasi di Indonesia
Pengarang                   : Pipis Sopiah M.pd
Editor                          : Delviana
Penerbit                       : Nobel Edumedia
Desain sampul             : Ajar Suardi
Gambar sampul           : Gedung MPR
Setting dan layout       : Anjar Suardi
Jumlah Halaman          : iii + 129 halaman
Ukuran                        : 175 x 250 mm
Tahun terbit                 : 2010
ISBN                           : 978-602-8691-85-7
Buku berjudul Demokrasi di Indonesia yang di tulis oleh Pipih sopia yang  memiliki ukuran 175 x 250 mm dan desain sampul dengan gambar gedung MPR Indonesia yang berwarna jingga, coklat dan putih serta di terbitkan oleh Nobel edumedia pada tahun 2010 dan di edit ulang oleh delviana ini membahas mengenai demokrasi di Indonesia.
Sesuai dengan definisinya, demokrasi adalah pemerintahan oleh rakyat, yang berarti rakyat berkuasa penuh atas kegiatan pemerintahan. Sehingga seluruh rakyat yang berada dalam negara demokrasi harus ikut berpartisipasi dalam kegiatan demokrasi serta mengerti akan arti demokrasi yang di anut oleh negara tempat tinggal mereka.
Dalam buku ini membahas mengenai 4 tema pembahasan, yaitu sejarah demokrasi pada masa reformasi, problem dasar ketidak pahaman rakyat terhadap demokrasi, pelaksanaan demokrasi di Indonesia, serta mengembangkan sikap demokrasi pada berbagai kalangan di masyarakat.
Dalam buku ini pipih menuliskan sejarah demokrasi dari mulai runtuhnya pemerintahan orde baru sampai terbentuknya demokrasi pemerintahan reformasi yang merupakan masa keemasan demokrasi dalam sejarah Indonesia.
Dia juga menuliskan berberapa problem dasar yang menyebabkan masyarakat tidak begitu paham tentang arti sebuah demokrasi yang sebenarnya. Problem dasar tersebut di tulis berdasarkan pakta dan sejarah yang ada di seluruh dunia.

Berdasarkan buku ini, pipih menjelaskan mengenai pelaksanaan demokrasi di Indonesia, di mulai dari demokrasi liberal hingga demokrasi pancasila pada masa orde reformasi di dalamnya pun terdapat kekurangan dan kelebihan masing-masing demokrasi tersebut yang di jelaskan cukup rinci, serta membahas bagaimana cara untuk mengembangkan sikap demokrasi untuk kalangan pelajar, masyarakat, dan orang tua terhadap anaknya.
Buku ini memuat informasi mengenai demokrasi yang di jelaskan secara rinci dan cocok untuk di jadikan bahan belajar bagi yang ingin mengetahui apa arti sebenarnya dari demokrasi, terutama demokrasi di Indonesia, tetapi dalam penyampaiannya terlalu berbelit belit, dan terdapat banyak istilah asing yang mungkin tidak di mengerti oleh masyarakat awam, oleh karena itu sebaiknya buku ini tidak di perjualbelikan secara bebas di kalangan masyarakat awam, karena buku ini menggunakan bahasa yang cukup tinggi, sehingga hanya orang-orang tertentu yang dapat memahami isi buku ini.













0 komentar:

 

Mauli's Blog Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea