Hello Kitty diciptakan oleh perancang dari Sanrio yang bernama Shimizu Ikuko pada tahun 1974 yang merupakan tahun kelahiran resmi Hello Kitty. Penjualan barang-barang Hello Kitty baru dimulai pada bulan Maret 1975. Barang Hello Kitty pertama dipasarkan berupa dompet kecil yang disebut Puchi Purse dengan harga 240 yen. Perusahaan Sanrio bahkan tidak lagi memiliki dompet Puchi Purse sampai mendapat sumbangan sebuah dompet Puchi Purse dari seorang kolektor yang sekarang dipamerkan di kantor perusahaan. Dompet Puchi Purse kemudian dibuat replikanya dan dijual sebagai barang dalam jumlah terbatas.
Karakter dalam barang Hello Kitty dari tahun 1974 sampai tahun 1975 belum diberi nama. Pada dompet Puchi Purse
yang merupakan produk pertama hanya tertulis kata "Hello!" (tanpa
tulisan "Kitty"). Pada awalnya orang Jepang mengenal karakter Kitty
White sebagai "kucing putih tidak bernama," sampai akhirnya perusahaan
memberi nama "Kitty" yang diambil dari nama kucing berbulu putih yang
tampil dalam cerita Alice di Negeri Kaca (Through the Looking-Glass) oleh Lewis Carroll.
Pada mulanya Kitty White tidak memiliki nama keluarga atau nama
keluarganya tidak diumumkan, "White" sebagai nama keluarga baru
ditambahkan di kemudian hari.
Pada produk-produk awalnya, Kitty selalu digambarkan sedang duduk dan baru pada tahun 1977 Kitty digambarkan berdiri.
Pada tahun 1996,
Hello Kitty kembali menjadi populer secara mendadak di kalangan siswa
putri sekolah menengah pertama dan sekolah menengah berkat penyanyi
Jepang yang populer pada saat itu Kahara Tomomi mengaku sebagai penggemar berat Hello Kitty dalam salah satu acara televisi.
Di Jepang, kepopuleran Hello Kitty mencapai titik paling rendah di
sekitar tahun 1980-an. Pada tahun 1980, Yonekubo Setsuko yang merupakan desainer
generasi kedua digantikan oleh Yamaguchi Yūko yang masih memegang
posisi desainer hingga sekarang. Penampilan karakter Kitty selalu
diperbarui setiap tahun, bahkan penampilan Kitty berbeda-beda setiap
pergantian musim. Perusahan juga mengubah target pemasaran dan melakukan
berbagai macam inovasi agar angka penjualan yang tinggi dapat
dipertahankan.
Penelitian mengenai kembalinya kepopuleran Hello Kitty di Jepang pada tahun 1996 belum pernah dilakukan orang, sehingga mungkin saja Hello Kitty kembali populer berkat jasa Kahara Tomomi
atau mungkin juga Hello Kitty sudah lebih dulu populer tapi beritanya
tidak diangkat oleh media massa. Dalam pernyataannya pada tahun 1997,
direktur perusahaan Sanrio pernah mengakui bahwa Hello Kitty kembali
populer di Jepang berkat Kahara Tomomi.
Pada tahun 2004, Kitty menjabat sebagai "teman khusus anak-anak" di UNICEF hingga tanggal 1 November 2004). Selain itu, Kitty juga pernah dua kali menjabat sebagai duta UNICEF, pertama pada tahun 1983 (UNICEF America Junior Ambassador) dan yang kedua kalinya di Jepang pada tahun 1994.
Di Amerika Serikat, Hello Kitty menjadi populer pada akhir tahun 1990-an berkat beberapa orang selebritis seperti Mariah Carey yang menggunakan Hello Kitty sebagai gaya busana.
Film Hello Kitty yang
pertama diterbitkan tahun 1981 yang berbentuk film boneka berjudul Kitty and
Mimi's New Umbrella.
Pada tahun 1987, film
anime Hello Kitty yang pertama berjudul Hello Kitty's Furry Tale Theater
yang berjumlah 24 episode ditayangkan oleh stasiun televisi Amerika CBS.
Film anime produksi
Amerika berjudul Hello Kitty and Friends sebanyak 13 episode ditayangkan
stasiun televisi Amerika CBS pada tahun 1991.
Di Jepang, jaringan TV Tokyo
menayangkan acara Asobō! Hello Kitty dari tanggal 6 April 1994 hingga 28
September 1994. Jaringan stasiun televisi yang sama menayangkan acara Kitty
Paradise sejak tahun 1999 yang ditujukan untuk anak-anak usia sekolah
dasar. Acara Kitty Paradise selalu diperbarui secara berkala menjadi Kitty
Paradise Gold, Kitty Paradise Fresh, dan Kitty Paradise PLUS.
source:www.wikipedia.org
0 komentar: